Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perawatan Rambut Rontok Kronis



Perawatan Rambut Rontok Kronis Ada banyak orang yang mengeluhkan permasalahan rambut dan yang paling sering salah satunya adalah masalah kesehatan rambut yang dikarenakan rambut rontok. Kerontokan pada rambut ini tidak jarang terjadi dan bisa dialami oleh siapa pun. meskipun wanita yang paling sering mengeluhkan soal permasalahan rambut tetapi pria pun juga merasa terganggu dengan masalah rambut. jenis masalah rambut yang paling sering terjadi ialah masalah rambut rontok. Kerontokan pada rambut yang sangat membuat tidak nyaman karena bisa menyebabkan kebotakan juga jika sudah terlalu parah. maka dari itu tidak ingin memiliki rambut yang tipis bahkan mendekati botak sebab jika terjadi rambut rontok kronis bisa menyebabkan penipisan rambut atau kebotakan pada sisi tertentu saja jadinya bisa menurunkan kepercayaan diri karena penampilan rambut yang tidak bagus. oleh karena itu ada baiknya jika melakukan perawatan rambut rontok kronis tetapi sebelum itu bisa mengenali beberapa penyebab rambut rontok kronis agar bisa di antisipasi juga.

Setiap harinya pasti terjadi kerontokan rambut kira kira 100 helai rambut bisa rontok setiap harinya tetapi karena ada ribuan rambut, jadi hanya 100 helai rambut yang rontok tidak akan di sadari dan tidak menimbulkan pengaruh apa pun seperti penipisan dan lainnya. namun, yang parah jika lebih dari 100 atau sangat banyak sehingga bisa ditemui dimana mana seperti di bagian ikat rambut, pada sisir, di tempat tidur atau bantal yang biasanya terlihat ketika bangun tidur, pada saat mandi bahkan hanya dengan jari pun bisa ada rambut yang terbawa merupakan kerontokan yang parah. ada beberapa hal yang mempengaruhi kerontokan rambut yang parah seperti karena hormon.

Kerontokan pada rambut ini yang dipengaruhi oleh gangguan hormon dikarenakan ada peningkatan atau pun penurunan hormon. Kondisi yang seperti ini bisa dialami oleh pria atau pun juga pada wanita. pria memiliki hormon progesteron yang bisa menghasilkan hormon dihydrotestosterone (DHT) yang dialami oleh pria dan bisa menyebabkan kerontokan apabila terlalu berlebihan sehingga folikel rambut menjadi lebih sensitif maka memicu kerontokan. Ada pun pada wanita yang disebabkan oleh penurunan hormon estrogen karena pengaruh usia, ketidaseimbangan hormon ini menandakan masuknya menopause yang juga bisa menyebabkan rambut rontok kronis juga sebagai gejalanya. Rambut rontok kronis pun bisa dialami karena kekurangan nutrisi.

Perawatan Rambut Rontok Kronis

Rambut rontok kronis ini juga bisa dialami pada saat kondisi kesehatan tubuh sedang kurang baik maka dari itu meskipun sudah merawat rambut dengan baik tetapi jika sedang sakit juga bisa mengalami kerontokan rambut tetapi tidak semua jenis penyakit bisa menyebabkan kondisi yang seperti ini, umumnya terjadi pada jenis penyakit kronis yang terjadi jangka panjang seperti halnya penyakit diabetes atau penyakit anemia. Belum lagi jenis penyakit yang mengharuskan mengkonsumsi obat obatan bisa juga ditambah dengan efek samping minum obat sehingga mengakibatkan rambut rontok. Tetapi tidak hanya gangguan kesehatan fisik saja tetapi juga bisa terjadi karena gangguan kesehatan psikologis yang kurang baik.

Pola hidup tidak sehat, kurang olahraga, salah dalam memperlakukan rambut setiap harinya bisa menyebabkan rambut rontok juga maka dari itu hal ini bisa menjadi penyebab kerontokan rambut yang kronis juga. jika memang mengalami kondisi yang seperti ini tidak perlu khawatir karena masih ada banyak hal yang bisa dilakukan seperti melakukan perawatan rambut rontok kronis karena masih banyak yang masih salah dalam merawat rambut. berikut beberapa perawatan rambut rontok kronis yang bisa dilakukan :

Perawatan rambut rontok kronis dengan menjaga kebersihan

Untuk menjaga kesehatan rambut rontok kronis agar tidak semakin buruk maka perawatan rambut rontok kronis yang paling dasar harus dilakukan ialah menjaga kebersihannya. Cuci rambut secara teratur agar tidak terlalu berminyak atau lembab yang bisa memicu kerontokan pada rambut secara berlebihan.

Perawatan rambut rontok kronis dengan mengeringkan rambut dengan baik

Setelah di cuci pun ada cara perawatan rambut rontok kronis yang perlu diperhatikan yaitu dengan mengeringkannya. Seringkali mengeringkan rambut dengan handuk dan di gosok kuat kuat agar rambut cepat kering padahal cara ini sangat tidak baik karena bisa menyebabkan rambut lepas dengan jumlah banyak karena di saat absah rambut memang lebih lemah jadi mudah rontok. Karena itu perawatan rambut rontok kronis bisa dengan menggunakan pengering rambut atau di biarkan kering dengan sendirinya.

Perawatan rambut rontok kronis dengan maker rambut

Yang harus dilakukan juga perawatan rambut rontok kronis dengan menggunakan masker rambut. gunakan masker rambut di rumah saja tidak perlu ke salon yang membutuhkan banyak biaya. Gunakan masker rambut dari bahan alami seperti alpukat, lidah buaya atau pun seledri yang bisa menguatkan rambut agar tidak mudah rontok.

Perawatan rambut rontok kronis dengan asupan makanan sehat

Nutrisi untuk rambut dari dalam tubuh pun juga termasuk perawatan rambut agar tetap sehat dan kuat jadi dibutuhkan asupan makanan sehat dari sayuran, buah dan makanan sehat lainnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi rambut jadi tidak mudah rontok.

Post a Comment for "Perawatan Rambut Rontok Kronis "