Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perawatan Rambut Rontok Parah



Perawatan Rambut Rontok Parah Masalah rambut rontok sebenarnya adalah salah satu hal yang normal terjadi. Dan secara alami, rambut seseorang bisa mengalami kerontoan rambut sekitar 50-100 helai dalam sehari. Rambut rontok yang alami terjadi tadi adalah akibat dari proses regenerasi sehingga rambut yang mengalami kerontokan akan digantikan dengan yang baru. Namun Anda tidak perlu khawatir. Tetapi, jika rambut rontok dengan jumlah yang berlebihan dan parah, maka lakukanlah cari tahu penyebab rambut rambut rontok. Penyebab rambut rontok  berlebihan bisa diakibatkan karena beberapa hal seperti dibawah ini :

Ketidakseimbangan dari siklus pertumbuhan rambut

Pada dasarnya, rambut yang bisa tumbh hingga setengah inchi dalam sebulan. Dan hal ini biasanya akan berlangsung selama 2-6 tahun. Untuk masa tersebut, maka terjadi juga masa istirahat dan terbentuknya folikel rambut yang baru. Selain itu, hal ini akan membuat rambut Anda menjadi rentan dalam mengalami kerontokan rambut.

Kehamilan dan proses persalinan

Di masa kehamilan dan juga proses persalinan, kemungkinan wanita untuk mengalami rambut rontok bisa terjadi kurang lebih selama 3 bulan. Tetaoi, kondisi ini biasanya akan kembali normal dan rambut Anda akan tumbuh sendiri secara alami.

Gangguan hormonal

Gangguan hormonal yang sangat berpengaruh dengan terjadinya rammbut rontok. Hal ini diakibatkan karena kelenjar tiroid yang bersifat tidak aktif atau juga akibat terlalu aktif yang memberikan resiko dari terjadinya rambut rontok. Selain itu, hal ini juga bisa terjadi jika mengalami masalah pada hormon androgen dan juga pada hormon estrogen.

Infeksi

Infeksi jamur pada kulit kepala mempunyai andil untuk bisa memicu dari terjadinya rambut rontok berlebihan. Dan hal yang harus Anda lakukan adalah dengan mengatasi jamur ini sehingga kulit kepala akan kembali sehat lagi.

Penggunaan obat-obatan jenis tertentu

Beberapa jenis obat-obatan yang bisa mengakibatkan terjadinya rambut rontok salah satunya adalah obat asam urat, obat untuk kemoterapi penyakit kanker, vitamin A dan juga obat untuk mengencerkan darah. Oleh sebab itulah, sebaiknya Anda harus berhati-hati dalam mengonsumsi obat-obatan tersebut. Dan harus sesuai dengan resep dokter.

Gizi yang tidak seimbang

Penyebab rambut rontok yang lain adalah akibat gizi yang tidak seimbang
Asupan makanan yang kurang sehat yang akan membuat seseorang mengalami masalah kekurangan asupan nutrisi gizi didalam tubuh. hal ini bisa mengakibatkan seseorang mengalami masalah rambut rontok.

Perawatan rambut rontok parah yang dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami adalah :

Kemiri

Bumbu dapur yang satu ini merupakan penyubur rambut alami. cara perawatan rambut rontok parah dengan kemiri adalah ambillah 6 biji kemiri dan setelah itu ditumbuk sampai halus kemudian tambahkan air secukupnya saja. Setelah itu masaklah sampai mengeluarkan minyak. Minyak-minyak tersebut kemudian di gosokkan di kulit kepala, lakukanlah 3 kali dalam seminggu perawatan rambut rontok parah ini. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan 10 gram kemiri, 5 lembar daun mangkokan, dan 2 lembar daun pandan wangi, 6 lembar daung urang aring, 50 cc minyak kelapa 50 cc minyak wine, dan 2 kuntum bunga mawar, serta 14 kuntum bunga melati. Rebuslah dengan menggunakan 2000 cc air sampai yang tersisa adalah setenganya saja. Dan setelah itu rebusan tadi disaring dan kemudian dioleskan langsung pada kulit kepala jika sudah dingin kemudian diberikan pijatan ringan. lakukanlah cara ini 2 kali dalam sehari.

Kelapa hijau

Perawatan Rambut Rontok parah dengan menggunakan kelapa hijau. Ambillah 1 butir kelapa hijau, setelah itu buatlah lubang pada salah satu bagiannya. Kemudian dimasukkan dengan garam dapur 1 sendok teh. Setelah itu diembunkan. Kemudian digunakan airnya dan basuhlah kulit kepala Anda, kemudian dipijt-pijit. Dan lakukanlah cara ini setiap sore hari setelah Anda mandi, kemudian dibungkus dengan menggunakan handuk hingga keesokan pagi.

Daun urang aring

Daun urang aring adalah salah satu jenis tanaman herbal alami yang bekerja untuk menghitamkan rambut Anda. Selain itu, manfaat dari penyubur rambut alami yang satu ini adalah membantu menyuburkan rambut. Cara mengolahnya adalah dengan mencuci bersih beberapa lembar daun urang aring setelah itu haluskanlah. Kemudian tambahkanlah dengan 2 gelas air matang, setelah itu diremas agar bisa mendapatkan air perasannya dan kemudian saringlah. Hasil dari sariingan tadi kemudian diembunkan sampai besok hari. Dan sore harinya digunakan setelah mandi, gunakanlah air teh tadi untuk membasuh rambut Andna dan juga kulit kepala dengan dipijat ringan. Bungkuslah dengan menggunakan handuk bersih. Diamkanlah sampai keesokan pagi dan bilaslah rambut Anda hingga bersih.

Madu murni

madu murni yang bekerja dalam membantu menyuburkan rambut secara alami. selain itu, kegunaannya yang bekerja dalam membantu merangsang terjadinya pertumbuhan rambut secara alami, dan juga membantu menguaykan akar rambut semakin lebih kuat. Pembuatan dari ramuan alami madu murni untuk perawatan rambut rontok parah adalah dengan mengoleskan madu murni di rambut, kemudian berikanlah pijatan ringan dan lembut di kulit kepala. Dan diusap secara merata setelah itu biarkanlah selama 15-20 menit. Kemudian sambil menunggu terjadinya reaksi, maka tutuplah kepala Anda dengan menggunakan handuk hangat. Dan jika sudah 5 menit, maka bilaslah dengan menggunakan air hangat.

Post a Comment for "Perawatan Rambut Rontok Parah"